»» Welcome to Andhy BlogGerZ™ ««

JAKARTA, PedomanNEWS.com - Kalau di era '80-an kita mengenal tarian Break Dance, kini anak-anak muda di hampir seluruh belahan dunia tengah menggandrungi tarian Shuffle Dance. Walau pun hanya menjadi pengulangan tren, namun ternyata gerakan Shuffle Dance punya banyak manfat selain hanya menjadi lifestyle.
Ya, dengan gerakannya yang begitu dinamis, 5 menit bershuffle dinilai sama seperti 30 menit Treadmill. Wow...menarik bukan? Tentu saja hal ini menjadi suatu daya tarik tersendiri bagi para shuffler - sebutan bagi penari shuffle - yang memiliki bobot tubuh berlebih.
Coba bayangkan, hanya dengan 5 menit kita menarikan tarian shuffle, tubuh kita akan membakar ribuan kalori yang pastinya bermanfaat mengurangi timbunan lemak di tubuh. Selain itu, Shuffle Dance sendiri dapat dilakukan oleh siapapun, dimanapun. Terlebih saat kita sedang stres akibat tekanan pekerjaan ataupun tumpukan tugas.
Shuffle merupakan gaya tari, yang berasal dari Melbourne Underground Scene, Australia. Artinya sendiri yaitu menyeret kaki, gerakan Shuffle Dance ini menitikberatkan pada gerakan kaki dan tumit sehingga terlihat menempel di lantai.
Shuffle merupakan bagian dari Street Dance atau yang dikenal juga sebagai Vernacular Dance. Vernacular kurang lebih dapat diartikan sebagai menggunakan naluri/insting. Gaya tarian ini tidak terkungkung oleh satu bentuk tertentu dan bebas bergerak serta berekspresi mengikuti irama musik yang ada.
Definisi ini menunjukkan, improvisasi merupakan salah satu elemen penting dalam Street Dance, yang pada akhirnya memicu munculnya banyak gaya/aliran dalam Street Dance itu sendiri.
Shuffle Dance ini punya beberapa gaya. Gerakan dasar Shuffle Dance ini ada dua, Running Man dan T-Step. Running Man itu seperti berlari ditempat, terdiri dari 2 step jalan ditempat tapi tidak bergerak maju.
Sedangkan T-Step dibagi menjadi beberapa jenis lagi, beberapa diantaranya Hard Style yang gaya menarinya seperti menghentakkan kaki. Lalu ada Old Style, ini gaya asli Melbourne Shuffle, gerakannya tidak terburu-buru, banyak T-Step dan lebih flooping.
Ada juga Mas, Malaysian Style, gerakannya seperti running man, tetapi hanya satu step. Mereka menggunakan badan yang didorong kedepan dan mengayun.
Tertarik untu mencobanya? Silahkan saja ikut dalam komunitas Shuffle Dance yang ada di kota kamu. Kalau di Jabodetabek, sudah ada komunitas untuk mewadahi aktivitas para Shuffler, namanya Indo Rockers.
Menurut Aditya, bagian komunikasi publik Indo Rockers, komunitas ini merupakan sebuah wadah shuffle dancer terbesar di Indonesia. Sejak didirikan pada 2009 oleh Jason Ekotama (Fijea), Dimas Aryoputro, Faizal Mas'ud, Kevin Adrianus, dan Aditya, Indo Rocker sekarang telah memiliki beberapa tim dengan anggota lebih dari 2.000 orang. (dari berbagai sumber)

4 komentar:

Dede Windo mengatakan...

bos,,gw dari media info,,tolong dong minta contaknya Shufle dance Lindium Style tuh yg ad dblog lu,,,gw mau buat liputan, infoin aj ke no. 021 9415 7113 (dede),,mksh brod.

rakhmafauzia mengatakan...

belajar suffle uda dicoba gak bisa,mlah kaku

Leadership Developmant Training mengatakan...

kunjungan gan .,.
saat kau kehilangan arah ingatlah masih ada yang menolong mu
dan tetap berdoa mengharap untuk menemukan jalanmu.,.
di tunggu kunjungan balik.na gan.,.

Andhy BlogGerZ.com mengatakan...

Sip Makasi ya smua ^_^
klo mau gabung di cibinong ada komunitas Shuffle ko :)

Poskan Komentar

Next Prev home
Andhy BlogGerZ. Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright 2010 Andhy BlogGerZ™
Lunax Free Premium Blogger™ template by Andi Rahmatullah
Top